REGULASI PROCOMMIT V8.0 2018

 Pemrograman Android

A. Syarat Peserta

  • Peserta adalah siswa PRODISTIK, bersifat individu, setiap MA/SMA mengirimkan maksimal 2 (dua) peserta.

  • Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa (Android programming) yang diadakan PRODISTIK.

  • Peserta wajib membawa laptop sendiri yang sudah terinstal aplikasi android programming.

B. Ketentuan Lomba

  • Lomba Android Programming: “Membuat Aplikasi Android Dalam Rangka HUT RI ke 73”;

  • Setiap peserta yang mendaftar akan diundang pada tanggal 24 November 2018 untuk mengikuti seleksi;

  • Setiap peserta yang diundang wajib membawa 1 unit laptop sendiri yang telah terinstal program yang digunakan;

  • Segala keperluan untuk instalasi (kabel rol, charger, dan lain-lainnya) menjadi tanggungan peserta;

  • Peserta akan diminta untuk berkreasi menghasilkan aplikasi android sebagus dan semenarik mungkin dengan tema  yang diberikan oleh juri saat lomba;

  • Peserta diberikan waktu 180 menit untuk live coding menyelesaikan aplikasi tersebut;

  • Peserta dilarang mempersiapkan source code aplikasi yang akan dibuat dari rumah atau pada tempat penyimpanan di internet;

  • Peserta yang masuk pada tahap final akan diuji oleh dewan juri untuk mempresentasikan karya aplikasi yang telah dibuatnya pada tahap sebelumnya;

  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;

  • Apabila peserta ketahuan melakukan kecurangan dalam perlombaan maka panitia berhak melakukan diskualifikasi terhadap tim tersebut.

C. Kriteria Penilaian

Adapun kriteria penilaian masing-masing tahap sebagai berikut:

Tahap 1: Desk Evaluasi (Bobot 100%)

1. Karya (30%) Meliputi: kreatif, inovatif dan atraktif.

2. Ide  (40%) Meliputi: Ide yang dibuat original sesuai dengan topik dan dapat mengedukasi.

3. Programming (30%) Meliputi: menggunakan coding yang dinamis

Tahap 2: Babak Final (Bobot 100%)

Kemampuan peserta dalam memahami android programming sekaligus teknik presentasi peserta dalam menjelaskan dihadapan juri.

Desain Poster

A. Syarat dan Peserta

  • Peserta adalah siswa PRODISTIK, bersifat tim, setiap MA/SMA mengirimkan maksimal 3 (tiga) tim.

  • Tim Desain Poster beranggotakan 2 (dua) orang (1 orang sebagai art director dan 1 orang sebagai copy writer).

  • Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa (desain poster) yang diadakan PRODISTIK.

B. Ketentuan Lomba

  • Topik lomba Desain Poster: Bhineka Tunggal Ika;

  • Pembuatan desain poster dapat dibuat menggunakan aplikasi Coreldraw, Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, maupun aplikasi lainnya yang sejenis (TIDAK MENGGUNAKAN Aplikasi Microsoft);

  • Design poster harus orisinal dan bukan merupakan tiruan atau jiplakan karya orang lain atau karya yang mengambil dari situs gambar bebas;

  • Format desain poster harus mengikuti format yang ditentukan panitia (akan disampaikan kemudian);

  • Desain poster disimpan dalam ukuran A3 dengan dpi 300 dan disimpan dalam file berbentuk .jpg;

  • Desain poster dikirim dalam bentuk .jpg melalui google form;

  • Desain poster yang masuk akan dinilai untuk kemudian dipilih sebagai finalis pada tahap final;

  • Lomba Desain poster akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah tahap penyisihan; sedangkan tahap kedua adalah tahap final yang akan dilakukan secara on the spot di acara PROCOMMIT V-8.
  • Tim yang masuk final akan diuji kemampuan desain melalui soal yang akan diberikan pada acara PROCOMMIT V-8, adapun informasi terkait soal final akan disampaikan maksimum 1 minggu sebelum acara PROCOMMIT V-8;

  • Tim yang menjadi finalis diharap untuk membawa laptop yang berisi aplikasi desain beserta colokan kabel panjang;

  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;

  • Seluruh karya poster yang masuk ke panitia menjadi hak milik panitia;

  • Apabila peserta ketahuan melakukan kecurangan dalam perlombaan maka panitia berhak melakukan diskualifikasi terhadap tim tersebut.

C. Kriteria Penilaian

Adapun kriteria penilaian masing-masing tahap sebagai berikut:

Tahap 1: Desk Evaluasi (Bobot 100%)

1.Idea/Kreatifitas (40%)

Meliputi: ketepatan konsep yang dituangkan tim dalam karya desain poster, pesan yang ingin disampaikan tertuang didalam desain.

2.Kemampuan IT (30%)

Meliputi: kesesuaian kemampuan peserta menggunakan aplikasi desain.

3.Orisinalitas (30%)

Meliputi: keaslian karya yang terdiri dari konsep karya hingga eksekusi.

Tahap 2: Uji Kemampuan IT (Bobot 100%)

1.Tes kompetensi IT (50%)

Meliputi: kemampuan pengoperasian software, Team work, manajemen waktu dan kreativitas.

2.Presentasi (30%)

Meliputi: wawasan tentang media pembelajaran, animasi yang dibuat.

3.Originalitas (20%)

Meliputi: keaslian karya yang terdiri dari konsep karya hingga eksekusi.

Pemrograman Excel

A. Syarat Peserta

  • Peserta adalah siswa PRODISTIK, bersifat individu, setiap MA/SMA mengirimkan maksimal 2 (dua) peserta.

  • Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa (excel programming) yang diadakan PRODISTIK.

  • Peserta wajib membawa laptop sendiri yang sudah terinstal aplikasi Excel

B. Ketentuan Lomba

  • Topik lomba Excel Programming: “Perhitungan Pajak”;

  • Setiap peserta yang mendaftar akan diundang pada tanggal 24 November 2018 untuk mengikuti seleksi;

  • Setiap peserta yang diundang wajib membawa 1 unit laptop sendiri yang telah terinstal program yang digunakan;

  • Segala keperluan untuk instalasi (kabel rol, charger, dan lain-lainnya) menjadi tanggungan peserta;

  • Peserta akan diminta untuk menyelesaikan 2 macam soal yang diberikan;

  • Soal dibuat dengan penyelesaian harus menggunakan formula dan makro dalam Microsoft Excel;

  • Peserta diberikan waktu 60 menit untuk menyelesaikan 2 buah soal tersebut;

  • Peserta yang masuk pada babak final akan diuji kembali dengan diberikan 1 soal makro kompleks dengan diberikan waktu mempersiapkan jawaban selama 30-45 menit;

  • Selanjutnya masing-masing peserta diberikan kesempatan memaparkan jawaban di depan Juri selama maksimal 15 menit;

  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;

  • Apabila peserta ketahuan melakukan kecurangan dalam perlombaan maka panitia berhak melakukan diskualifikasi terhadap tim tersebut.

C. Kriteria Penilaian

Adapun kriteria penilaian masing-masing tahap sebagai berikut:

Tahap 1: Desk Evaluasi (Bobot 100%)

1.Kecepatan (40%)

Meliputi: kecepatan peserta menyelesaikan 2 soal yang diberikan oleh panitia dengan durasi waktu 60 menit.

2.Kesesuaian Format (30%)

Meliputi: kesesuaian peserta menyelesaikan soal Excel dengan rumus dan logika yang diminta oleh panitia.

3.Ketepatan rumus (30%)

Meliputi: ketepatan hasil akhir dari pekerjaan peserta untuk menyelesaikan 2 soal yang diberikan panitia.

Tahap 2: Babak Final (Bobot 100%)

Kemampuan peserta dalam memahami Excel programming sekaligus teknik presentasi peserta dalam menjelaskan dihadapan juri.

Film Pendek

A. Syarat Peserta

  • Peserta adalah siswa PRODISTIK, bersifat tim, setiap MA/SMA mengirimkan 1 (satu) tim terbaik.

  • Tim Lomba Film beranggotakan 3 (tiga) orang.

  • Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa yang diadakan PRODISTIK.

B. Ketentuan Lomba

  • Topik lomba film pendek: “NKRI Harga Mati”

  • Durasi film pendek maksimum 5 menit, termasuk intro credit title;

  • Pembuatan film pendek dibuat di sekolah masing-masing;

  • Artis dan aktor adalah siswa, guru atau staf sekolah masing-masing;

  • Peserta diwajibkan meng-upload karya film pendek ke youtube

PROCOMMIT V-8 – [Judul Film] – [Nama Sekolah]

Contoh: PROCOMMIT V-8 – Merdeka atau mati – MAN 123 Surabaya

  • Tips: Diharapkan menambahkan thumbnail video yang berisi judul film;

  • Video youtube harus menuliskan hashtag #PROCOMMIT V-8 2018 dan #PRODISTIK2018 pada deskripsi video;
  • Penilaian film pendek ter-favorit akan dipilih berdasarkan kriteria tertentu (akan diumumkan kemudian);

  • Peserta diperbolehkan menggunakan aplikasi sesuai kemampuan (Ulead video studio, adobe premiere, pinnacle, dan lain-lainnya);

  • Film pendek harus dibuat sendiri dan merupakan karya orisinal tim;

  • Dalam film pendek terdapat pemeran utama dan pemeran pendukung yang merupakan keluarga besar sekolah yang bersangkutan;

  • Tim pembuat film pendek bebas menentukan jumlah pemeran dalam film pendek;

  • Tahap pertama, semua hasil karya akan dinilai juri untuk masuk ke tahap final pada acara PROCOMMIT-V-8;

  • Tim yang terpilih, diundang pada tanggal 24 November 2018 untuk mengikuti seleksi tahap akhir berupa Uji Kemampuan IT tentang proses produksi film pendek;

  • Setiap tim yang diundang wajib membawa 1 unit laptop sendiri yang telah terinstal program yang telah digunakan;

  • Segala keperluan untuk instalasi (kabel rol, charger, dan lain-lainnya) menjadi tanggungan peserta;

  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;

  • Seluruh karya film yang masuk ke panitia menjadi hak milik panitia;

  • Apabila peserta ketahuan melakukan kecurangan dalam perlombaan maka panitia berhak melakukan diskualifikasi terhadap tim tersebut.

C. Kriteria Penilaian

Adapun kriteria penilaian masing-masing tahap sebagai berikut:

Tahap 1: Desk Evaluasi (Bobot 100%)

1.Aspek Content (40%)

Meliputi: Ide dasar, Kesesuaian dengan tema, konsep, kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam penyampaian pesan.

2.Aspek Visual dan Audio (40%)

Meliputi: inovasi kreatif film, keunikan ide cerita, teknik pengambilan video dan Audio, serta konsep editing.

3.Orisinalitas (20%)

Karya tersebut benar-benar dirancang dan didesain sendiri bukan modifikasi (edit) dari cerita atau film yang sudah ada. Makna dan pesan dari cerita sangat diutamakan.

Tahap 2: Uji Kemampuan IT (Bobot 100%)

1.Tes kompetensi IT (70%)

Meliputi: kemampuan pengoperasian software, Team work, manajemen waktu dan kreativitas

2.Presentasi (30%)

Meliputi: wawasan tentang videografi hasil karya film yang dibuat.

Media Pembelajaran

A. Syarat Peserta

  • Peserta adalah siswa PRODISTIK, bersifat tim, setiap MA/SMA mengirimkan maksimal 2 (dua) tim.

  • Tim media pembelajaran beranggotakan 2 (dua) orang.

  • Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa (animasi) yang diadakan PRODISTIK.

  • Karya yang dikirimkan harus mengikuti materi pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Juri.

B. Ketentuan Lomba

  • Topik lomba Media Pembelajaran: Budaya Demokrasi Menuju Masyarakat Madani;

  • Bahan pembelajaran diambil dari materi PKN (Pendidikan Kewarganegaraan) kelas XI di semester 1;

  • Media pembelajaran dibuat dengan aplikasi Adobe Flash;

  • Didalam media pembelajaran wajib membuat Animasi (± Durasi Maksimal 1 menit) sebagai pendukung penjelasan materi yang akan disampaikan;

  • Pembuatan media pembelajaran dibuat disekolah masing-masing.

  • Peserta diwajibkan meng-unggah karya media pembelajaran ke youtube dengan title:

PROCOMMIT V-8 – [Media Pembelajaran] – [Nama Sekolah]

Contoh: PROCOMMIT V-8 – Media Pembelajaran – MAN 123 Surabaya

  • Media Pembelajaran di youtube harus menuliskan hashtag #PROCOMMIT V-8 2018 dan #PRODISTIK2018 pada deskripsi video;
  • Tahap pertama, semua hasil karya akan dinilai juri untuk masuk ke tahap final pada acara PROCOMMIT-V-8;

  • Tim yang terpilih, diundang pada tanggal 24 November 2018 untuk mengikuti seleksi tahap akhir berupa Uji Kemampuan IT tentang proses pembuatan media pembelajaran;

  • Setiap tim yang diundang wajib membawa 1 unit laptop sendiri yang telah terinstal program yang telah digunakan;

  • Segala keperluan untuk instalasi (kabel rol, charger, dan lain-lainnya) menjadi tanggungan peserta;

  • Keputusan dewan juri bersifat mutlak tidak dapat diganggu gugat;

  • Seluruh karya media pembelajaran yang masuk ke panitia menjadi hak milik panitia;

  • Apabila peserta ketahuan melakukan kecurangan dalam perlombaan maka panitia berhak melakukan diskualifikasi terhadap tim tersebut.

C. Kriteria Penilaian

Adapun kriteria penilaian masing-masing tahap sebagai berikut:

Tahap 1: Desk Evaluasi (Bobot 100%)

1.Aspek Content (40%)

Meliputi: materi dasar, Kesesuaian dengan tema, konsep, kedalaman eksplorasi tema serta komunikatif dalam penyampaian pesan.

2.Aspek Visual dan Audio (40%)

Meliputi: inovasi kreatif media, konsep animasi media pembelajaran, konsep pembuatan media yang efektif dan efisien.

3.Orisinalitas (20%)

Karya tersebut benar-benar dirancang dan didesain sendiri bukan modifikasi (edit) dari media pembelajaran yang sudah ada. Materi yang disajikan harus sesuai dengan buku ajar yang ditetapkan.

Tahap 2: Uji Kemampuan IT (Bobot 100%)

1.Tes kompetensi IT (70%)

Meliputi: kemampuan pengoperasian software, Team work, manajemen waktu dan kreativitas.

2.Presentasi (30%)

Meliputi: wawasan tentang media pembelajaran, animasi yang dibuat.

Robot Cerdas

A. Syarat Peserta

  • Peserta adalah siswa PRODISTIK, bersifat tim, setiap MA/SMA mengirimkan maksimal 2 (dua) tim.

  • Tim Robot Cerdas beranggotakan 3 (tiga) orang.

  • Peserta belum pernah menjadi juara I pada lomba serupa yang diadakan PRODISTIK.

B. Aturan Pertandingan

  1. Babak Kualifikasi

Babak ini tim diminta untuk mengupload video kemajuan robotnya pada situs youtube dengan nama sebagai berikut:

PROCOMMIT V-8 – [Robot Cerdas] – [Nama Sekolah]

Video tersebut dapat menunjukkan kemampuan robotnya dengan kriteria sebagai berikut:

  1. Robot manual:
  • Robot mampu mengangkut/memindahkan Tiang bendera  dari titik awal arena hijau ke titik tempat robot automatis arena putih bergaris hitam.
  • Robot mampu dikendalikan menggunakan smartphone, yang menunjukkan robot dapat bergerak maju, mundur, belok kanan, belok kiri dan gerakan-gerakan lain yang dapat ditambahkan secara bebas kreatif oleh masing-masing tim.
  1. Robot automatis:
  • Robot mampu mengikuti garis dengan menunjukkan gerakan yang dapat mengerti persimpangan, belok kanan, belok kiri, putar balik  mundur dll, serta gerakan-gerakan lain yang dapat ditambahkan secara bebas kreatif oleh masing-masing tim.
  • Robot mampu menggerek mengibarkan bendera merah putih.
  • Ketentuan durasi video maksimum 3 menit, dari video yang diupload  akan dilakukan penilaian berdasarkan skoring dari masing-masing kriteria tersebut, kemudian hasil nilai skoring yang memenuhi standart nilai minimal, akan dinyatakan lolos dan diundang resmi oleh ITS sehingga berhak untuk ikut bertanding di ajang Procommit NG V.08 di ITS-Surabaya.
  1. Babak Penyisihan

    1. Setiap pertandingan pada babak ini, tim dipersilahkan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dan dengan waktu yang secepat-cepatnya, serta akan lebih optimal poin yang telah berhasil dikumpulkan jika dengan zero pinalti (tanpa pelanggaran).
    2. Diakhir babak, poin yang telah berhasil dikumpulkan oleh masing-masing robot akan dilakukan skoring dari yang tertinggi sampai ke yang terendah, tim yang dinyatakan lolos pada babak selanjutnya adalah 16 atau 8 peringkat terbesar yang akan ditentukan pada hari H.
    3. Setiap kali pertandingan, akan running 2 robot , masing-masing  disisi kuning dan disisi biru, atau sesuai ketentuan panitia, poin ini tidak mengikat.
    4. Pada masing-masing sisi  arena manual robot terdapat 4 tiang siap untuk dipindahkan.
    5. Pada manual robot masing-masing robot harus dapat memindahkan tiang dari tempat arena hijau (manual area) ke tempat tiang kedua  arena putih bergaris hitam(automatic area) sesuai warna tim. Setiap berhasil memindahkan satu tiang dengan benar, tim akan mendapatkan nilai 10.
    6. Pada Automatic robot masing-masing robot harus dapat memindahkan tiang dari tempat pertama ketempat  tiang bendera pada level 1 sesuai ketentuan. Setiap berhasil memindahkan satu tiang dengan benar, maka tim akan mendapatkan nilai 10.
    7. Robot automatis dapat mengibarkan bendera di level 2 Setelah robot automatis berhasil mengibarkan semua bendera di level 1 (4 tiang).
    8. Pada bagian ini robot diberikan nilai 20.
  2. Babak Final
  • Tim yang dinyatakan lolos ketahap ini, akan dikarantina
  • Pelanggaran komunikasi dalam bentuk apapun, akan membuat tim yang bersangkutan terdisfikualifikasi.
  • Tim akan diberikan waktu 60 menit (durasi waktu ini dapat berubah sesuai ketentuan dewan juri) untuk melengkapi programnya pada case studi yang baru.

C. SELESAINYA PERTANDINGAN

Selesainya pertandingan bisa jadi terjadi pada beberapa kondisi:

  1. Waktu pertandingan habis (durasi waktu akan diumumkan lebih lanjut).
  2. Dihentikan oleh wasit.
  • Peserta tidak menunjukkan fairplay
  • Robot tabrakan
  • Robot merusak lintasan

D. PENENTUAN PEMENANG

  1. Nilai yang didapat robot adalah jumlah nilai yang berhasil dikumpulkan dengan benar, tentunya akan dikurangi penalti-penalti jika ada.
  2. Pemenang ditentukan dari jumlah nilai tertinggi yang dikumpulkan.
  3. Jika nilainya sama, maka pemenang ditentukan dari waktu tercepat dalam mendapatkan nilai.
  4. Jika semua robot yang sedang bertanding tidak dapat mengumpulkan nilai (nilai=0) setelah waktu pertandingan habis (pada babak setelah penyisihan), maka pemenang ditentukan dengan pertimbangan tim juri.
  5. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak bisa diganggu gugat.

E. PENALTI

  1. Robot start sebelum gong berbunyi. Penalti= -2.
  2. Mengeluarkan tiang dari arena hijau (manual area) Penalti= -2.
  3. Bagian apapun dari robot manual yang keluar/melintas arena hijau Penalti= -2.
  4. Bagian apapun dari robot automatis yang keluar/melintas arena putih bergaris hitam. Penalti= -2.
  5. Sebelum pertandingan dimulai, masing-masing robot diberikan kesempatan untuk melakukan persiapan selama 60 detik, jika robot tidak diletakkan pada Manual Start setelah waktu persiapan habis. Penalti= -5.
  6. Robot manual atau automatis mengalami error (berputar, hang atau diam dll). Penalti= -2.

F. DISKUALIFIKASI

  1. Robot merusak lapangan.
  2. Anggota tim tidak mematuhi arahan dari wasit.
  3. Tim peserta tidak menunjukkan semangat fair play.
  4. Peserta dipanggil dan tidak hadir sebanyak 3 kali

G. PELAKSANAAN PERTANDINGAN

Pertandingan dilaksanakan dalam beberapa babak:

  • Babak penyisihan(knock out)
  • Babak semi final
  • Babak final